Jumat, 01 Juni 2012

SEJARAH KERAJAAN TANJUNG PURA

           Kerajaan Tanjungpura merupakan kerajaan tertua di propinsi Kalimantan Barat yang terletak di Kabupaten Ketapang.Kejayaan Kerajaan ini pada abad ke-14 menjadi bukti bahwa peradaban negeri Tanah Kayong sudah cukup maju pada masa lampau. Wilayah kekuasaannya meliputi hamper seluruh Pulau Kalimantan.

Asal mula berdirinya Kerajaan Tanjungpura adalah berawal dari Kerajaan Majapahit di Pulau Jawa. Pada masa itu pemerintahan Brawijaya akan berakhir beliau memanggil ahli nujun untuk meramal siapa diantara putranya yang paling baik dan bisa memimpin Kerajaan Majapahit dan setelah Brawijaya meninggal hasil ramalan itu tadi menunjukan kepada Putra Bungsu yang bernama Prabu Jaya yang paling pantas mengantikan Brawijaya sebagai Raja Majaphit.Mendengar hal itu berundinglah keenam kakaknya itu untuk melukai adiknya yang diangkat menjadi raja tersebut karena merasa cemburu dan sakit hati.
     Keenam kakaknya tersebut berhasil meracuni adiknya sehingga membuatnya mengundurkan diri menjadi Raja Majapahit dan membut Prabu Jayapergi berlayar yang tidak tahu arah tujuannya, dan kemudian pada akhirnya Prabu Jaya terdampar di suatu daerah yang begitu asing baginya, yaitu di tepi Sungai Pawan daerah ketapang dan disitulah akhirnya Prabu Jaya menemukan Gadis yang Bernama Dayang Putung yang diubah namanya oleh Prabu Jaya menjadi Junjung Buih.
Pada saat itu mereka sepakat untuk menikah dan dikaruniai tiga orang putra yaitu, Pangeran Prabu, Gusti Likar, dan Pangeran Mancar . Atas permintaan anaknya Prabu Jaya membangun daerah baru yang diberi nama Kajung. Kelanjutan dari pengembaraan Perabu Jaya berhenti setelah membangun daerah Sukadana, disinilah beliau diangkat menjadi Raja yang membawahi seluruh Kalimantan.
Dari cerita rakyat bahwa Prabu Jaya dan Putri Junjung Buih adalah cikal bakal pendiri Kerajaan Tanjungpura yang berkedaulatan di Sukadana.
Setelah beliau wafat, Pangeran Prabu sebagai Putra Mahkota menggantikan kedudukan Raja di Sukadana dengan gelar Raja Baparung yang memegang tahta Kerajaan kira-kira 30 tahun, setelah beliau wafat digantikan Putranya yang bernama Karang Tanjung naik tahta sebagai Raja. Dinamakan Karang Tanjung krena beliau senang sekali tidur diatas bunga tanjung, itu pula sebabnya Kerajaan di bawah kekuasaannya dinamakan dengan Kerajaan Tanjungpura.
Dari keturunan Karang Tanjung inilah yang akan menjadi Raja turun-temurun seperti, Panembahan Kalaherang, Penambahan Bandala, Pangeran Anom, Penambahan Airmala, Penambahan Barus, Giri Kusuma.
Pada masa Kekuasaan Giri Kusuma yang memeluk Islam yang di bawa pedagang muslim dari Palembang berakhir pula masa Kerajaan Hindu di Tanjungpura.
Sejak berdiri hingga berakhirnya Kerajaan Tanjungpura, telah di pimpin 17 raja yang berada pada dua jaman, yaitu jaman Hindu dan Jaman Islam


Sumber : ( Dari Buku Sejarah Kerajaan-Kerajaan Di KalBar ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BackLink

Malaysia Free Backlink ServicesFree Promotion LinkFree Smart Automatic BacklinkMAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVAutoBacklinkGratisjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service